Tips Informasi Terupdate Untuk Netizen

Sabtu, 20 Maret 2021

Mitos dan Fakta Seputar Perawatan Mobil, Sudah Tahu?

 Hingga kini, memang, masih banyak saja pemilik mobil yang masih keliru dalam menangani mobil mereka. Meski beberapa di antaranya merasa sudah menanganinya dengan cara yang benar, namun keputusan yang diambil ternyata salah dan kadang malah bertentangan dengan fakta. Untuk itu, supaya tidak terjadi kekeliruan, yuk ketahui seputar mitos dan fakta dalam menangani mobil yang baru Anda beli secara kredit melalui kredit Mobil Mitsubishi murah. Yuk, disimak!



1.       Wajib memanaskan mesin mobil sebelum bepergian


Melansir dari CNNIndonesia, memanaskan mesin mobil sudah menjadi ritual wajib yang kerap dilakukan oleh pemilik mobil sebelum bepergian. Bahkan, tidak sedikit pemilik mobil yang memainkan pedal gas demi mendapatkan suhu panas mesin lebih cepat. Padahal, melakukan cara ini tidaklah benar, apalagi jika diterapkan pada mobil keluaran terbaru.


Alasannya karena mobil-mobil tersebut sudah dilengkapi dengan asupan bahan bakar injeksi sehingga cukup memanaskannya selama dua menit saja mobil sudah bisa langsung dikendarai. Di samping itu, memainkan pedal gas pada saat memanaskan mobil malah dapat mengakibatkan mobil lebih boros dalam menggunakan bahan bakar karena itulah sebaiknya Anda jangan sampai melakukannya, ya.


2.       Mencampurkan bahan bakar beda oktan untuk menyiasati harga


Untuk menyiasati harga, terkadang sebagian dari pemilik mobil malah mencampurkan bahan bakar mobil mereka dengan oktan yang berbeda. Selain harganya yang lebih murah, pencampuran oktan yang berbeda ini dianggap dapat membantu menjaga kadar oktan (Research Octane Number, RON) di dalam ruang pembakaran.


Faktanya, pemilik mobil sangat tidak dianjurkan mencampurkan bahan bakar yang berbeda oktan karena dikhawatirkan nanti malah manfaat yang diberikan bahan bakar menjadi hilang. Sebaiknya pilihlah hanya salah satu bahan bakar saja dan lebih lagi jika mengikuti aturan yang sudah ditentukan pabrikan.


3.       Posisi ban saat parkir harus lurus


Sebagian pemilik mobil, Anda mungkin salah satunya, sering beranggapan jika ketika memarkirkan mobil, posisi ban mobil haruslah dalam posisi lurus agar tidak merusak komponen-komponen pada kemudi mobil. Faktanya, memarkirkan mobil dengan posisi ban sedikit dibelokkan tidak akan merusak sistem power steering mobil maupun Electronic Power Streering (EPS).


Bahkan, mengutip laman CNNIndonesia, posisi parkir ban mobil tidak melulu harus lurus karena pada kondisi tertentu, misalnya saja jika Anda memarkirkan mobil di jalanan yang menurun maupun menanjak, maka sangat dianjurkan untuk membelokkan ban agar mobil tidak berjalan sendiri.


4.       Menggunakan air buangan AC rumah untuk radiator mobil


Radiator mobil berfungsi menjaga kestabilan suhu pada mesin mobil. Pada mobil-mobil keluaran terbaru, biasanya komponen satu ini bekerja dengan cara memanfaatkan cairan khusus bernama coolant fluid. Namun, beberapa pemilik mobil ada yang memilih menggunakan air mineral untuk mengisi ruang radiator bahkan yang paling ekstrem adalah memakai air buangan AC rumah.


Seperti yang dilansir dari CNNIndonesia, menggunakan air buangan AC rumah untuk air radiator sebenarnya sah-sah saja asalkan air tersebut disimpan di tempat yang bersih dan tidak terkontaminasi oleh cairan lain. Bahkan, air AC-nya saja bisa langsung digunakan tanpa mencampurkannya dengan coolant.


Bagaimana? Apakah Anda sudah tahu mengenai mitos-mitos maupun fakta-fakta yang sudah dituliskan di atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar